THE EFFECT OF APPLYING PROBLEM BASED LEARNING TOWARD STUDENTS’ CRITICAL THINKING IN WRITING NEWS ON EDUCATION.PDF
Problem-Based Learning (PBL) adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan pada pemecahan masalah. Berikut adalah langkah-langkah PBL dalam konteks bahasa Indonesia.
Pertama, mahasiswa diberikan sebuah masalah kompleks yang relevan dengan materi pembelajaran. Masalah ini dirancang untuk merangsang pemikiran kritis dan pemecahan masalah.
Kedua, setelah menerima masalah, mahasiswa diminta untuk mengidentifikasi pengetahuan yang sudah dimiliki dan mencari informasi baru yang diperlukan untuk memahami dan mengatasi masalah tersebut.
Selanjutnya, dalam kelompok kecil, mahasiswa berkolaborasi untuk menganalisis masalah, mendiskusikan ide, dan merumuskan pertanyaan-pertanyaan untuk memandu pencarian informasi lebih lanjut.
Setelah itu, mahasiswa kembali bersama untuk berbagi pengetahuan dan pemahaman mereka, mempertimbangkan berbagai perspektif, dan mengembangkan solusi atau strategi untuk menyelesaikan masalah.
Pada tahap berikutnya, mahasiswa diajak untuk merancang presentasi atau produk yang menggambarkan pemahaman mereka terhadap masalah dan solusi yang diusulkan.
Akhirnya, pembelajaran dilakukan melalui penyajian hasil kerja kelompok, mendiskusikan pemikiran, dan memberikan umpan balik. Proses ini membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, bekerja sama, dan memecahkan masalah, sambil memperdalam pemahaman mereka tentang materi pembelajaran
SILAHKAN KLIK TOMBOL DOWNLOAD DI BAWAH INI DAN DAPATKAN FILENYA!!